Grave Of The Fireflies

Leave a comment

31 August 2013 by yun_addict9

Gambar

Hai semua… aku mau posting tentang film animasi nih.. judulnya “Grave of The Fireflies ”. nggak tau kenapa aku jadi berfikir banyak tentang sejarah.. terutama tentang sejarah perang dunia ke II dimana jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Aku tergerak menulis postingan ini setelah aku selesai menontonnya, memang di internet banyak banget yang mengulas tentang film ini namun aku pengen membahasakannya menurut bahasaku sendiri. Jujur, aku belum pernah menonton film animasi sampe2 aku nangis gak karuan di depan laptopku sendiri, aku punya koleksi anime yg gak banyak sih hanya film ini yg mampu membuatku menangis sampe sesegukan. aku sadari aku telat mengetahui film ini. Film ini aku dapat dari temanku yg mungkin memang sengaja (?) dia sebar agar membuat teman2 sekitarnya sadar akan betapa artinya sebuah kasih sayang.. (thanks to yaya^^).

Gambar

Oke, lanjut ke review filmnya yah.. cerita mengharukan dan menyentuh hati, kasih sayang kedua kakak beradik ini begitu menyayat hati.  Film ini diawali dengan medium close up seorang anak cowok, bisa dikatakan remaja, dan voice overnya yang mengatakan, “21 September 1945. Malam disaat aku meninggal.” Dia adalah Seita, roh Seita berlanjut ke settingan yg menggambarkan tentang gejolak perang dunia II, seita dan setsuko harus menerima kenyataan bahwa jepang telah di serang oleh amerika secara bertubi-tubi melalui udara sehingga membuat jepang menjadi negara dengan kota2 yg di penuhi dengan terpanggangnya daging2 manusia. Kenyataan selanjutnya yang mereka hadapi adalah ibunya yg telah meninggal dunia akibat serangan tersebut yg memaksa seita harus berbohong kepada adiknya krna adiknya sndiri masih terlalu polos dan masih kecil untuk mengetahui fakta menyakitkan itu, tidak hanya sampe di situ saja keduanya harus mengungsi ke rumah bibinya yg memang pada awalnya si bibi bisa menerima keduanya namun krna perang terus brgejolak serta sulitnya mendpatkan bhan pangan, keduanya secara halus di sindir untuk meninggalkan rumahnya (kejaaaam T____T). Rumah si bibi yg sekiranya bisa memberikan rasa aman untuk keduanya tapi berbanding terbalik dgn kenyataan yg keduanya hdapi. Memaksa keduanya harus mninggalkan tempat itu dan membangun sebuah tempat tinggal yg bisa di katakan tidak layak untuk di tempati namun bisa membuat keduanya mrsakan rasa aman.. terdengarlah kabar bhwa jepang telah mnyerah tanpa syarat kepada sekutu sehingga ayah keduanya pun tewas i tengah pertempuran.. (bisa di bayangkan keduanya hidup yatim piatu di tengah peperangan T____T) sampe pd akhirnya, keduanya berada pd posisi dimana setsuko mulai terjangkit brbagi mcam penyakit yg di akibatkan makanan yg di makannya tidak sehat. Brbagai upaya di lakukan seita untuk mmbuat adiknya sembuh tapi seita harus menelan pil pahit dan mengetahui bahwa adiknya telah mninggal dunia.

Gambar

Dari hasil ngubek2 gugel Grave of The Fireflies yang berarti “Kuburan para Kunang-kunang” ini bukan menceritakan tentang hantu atau misteri, tetapi tentang dua kakak beradik yang berjuang melawan kejamnya hidup pada masa perang dunia II.  Ahli sejarah animasi Ernest Rister menyandingkan film animasi ini dengan film Steven Spielberg: Schindler’s List dan menyatakan:  “It is the most profoundly human animated film I’ve ever seen”. Setujuuuuu!!!!!!

Film hasil adaptasi dari novel semi-autobiografi karya Akiyuki Nosaka ini memang mengambil cerita nyata kehidupannya yang kehilangan adik perempuannya karena kelaparan di jaman perang akhir tahun 1945. See,this is based true story! Film ini diproduksi oleh Studio Ghibli pada tahun 1988 (hahaha aku belom lahir). Studio Ghibli ini memang di kenal sebagai studio film yang banyak menghasilkan film-film terkenal seperti Spirited Away dan Princess Mononoke. Krna aku jg gak akan bhas film itu.

Cerita dari film ini mnurutku tidak terlalu banyak menggunakan dialog namun  mampu mnyelipkan berbagai pesan moral yg sangat2 membuat aku sendiri terkesan, terhanyut, tersentuh dan ter ter terlainnya lah … tidak hanya itu, mnrutku perang juga telah menimbulkan berbagai macam msalah sosial kemanusiaan. Salah satunya crita dalam film animasi ini. Gimana perang bukanlah hanya sekedar kuat-kuatan senjata mana yang mampu melumpuhkan lawannya, tetapi juga bagaimana perang bisa mempengaruhi kehidupan orang-orang di dalamnya. Orang-orang yang tidak bersalah yang ikut terlibat di dalamnya. Dan dari awal cerita pun kita sudah dibuat tahu kalau kedua anak tersebut tidak akan bisa bertahan hidup. Aku saranin, nonton deh kalo mau buktiin apa yg aku katakan tadi.. adik ku aja awalnya gk tertrik tapi krna penasaran akhirnya dia tonton daaan nangisnya malah lebih parah dari aku . kekeke…

Ok… sekian dulu yah preview dari ku (semoga gak gaje ^^) dan kalo kalian mau donlot. Langsung aja kesini… ini udah di sub.indo kok…. selamat menonton n jgn lupa sediain tissueeee ^^

http://alanisubsia.blogspot.com/2013/08/grave-of-fireflies-subtitle-indonesia.html#_

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Girls’ Generation

tumblr_mfeuarNJa71r2x03fo1_500

Baby Mut's

yuk kita berteman ^^

Jigeumeun So Nyu Shi Dae.. Apurodo So Nyu Shi Dae.. Yeongwonhi So Nyu Shi Dae.. So Nyu Shi Dae.. SARANGHAE!!!

Album Girls' Generation Japanese Japanese Album Jessica Lirik Love and Peace Lyrics Seohyun SNSD SNSD JESSICA Sooyoung Taeyeon YoonA

tamu-tamu

Flag Counter

Categories

today is fun day

August 2013
M T W T F S S
« May   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Thanks for Visiting ^_^

redlips

ON HIATUS

heavenlyjoy3143

Special Blog for JoyRene

Cerpenme

"Bukan sekedar cerpen biasa"

%d bloggers like this: